Rabu, 29 September 2010

Ramuan Herbal Lika Liku Pencernaan

Ramuan Herbal Untuk Radang Usus Buntu

Gejala-gejala umum yang sering menyertai radang usus buntu adalah rasa nyeri atau kram di sekeliling pusar atau perut bagian atas, hilangnya nafsu makan, mual dan muntah yang akan berlanjut dengan nyeri yang hebat di bagian kanan bawah perut. Jika tidak segera diatasi, usus buntu yang terinfeksi bisa pecah, sehingga bakteri masuk ke dalam rongga perut, menimbulkan peradangan pada peritonium, menutup lambung dan usus halus. Salah satu pengobatan yang dilakukan adalah operasi untuk membuang apendiks yang terinfeksi.

Penyembuhan dengan tanaman berkhasiat obat (Prof.H.M.Hembing Wijayakusuma):
a. 60 gr temu hitam, 30 gr daun sambiloto segar, dan 30 gr daun jombang segar. Cuci semua bahan dan rebus dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc. Airnya diminum.
b. 60 gr krokot segar dicuci bersih, lalu rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Airnya diminum.
c. 30 gr daun sambiloto segar atau 15 gr daun sambiloto kering. Rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Minum airnya secara teratur.

Ramuan Herbal Untuk Tukak Lambung dan Radang Usus

Tukak lambung (peptic ulcer) adalah luka yang terjadi pada saluran pencernaan akibat kadar cairan asam lambung yang terlalu tinggi. Gejala awalnya adalah rasa perih pada perut bagian atas yang terjadi saat perut dalam keadaan kosong dan mereda setelah menelan makanan. Rasa sakit terjadi setelah waktu makan dan akan semakin parah setelah mengkonsumsi alkohol atau makanan yang terlalu asam atau pedas. Penderita juga akan sering mengalami muntah-muntah karena lambung penuh gas dan bahkan bercampur dengan darah berwarna kecoklatan. Jika tidak diatasi bisa menyebabkan pendarahan pada lambung dan usus halus. Tukak lambung dan tukak usus halus/radang usus adalah dua penyakit yang saling berkaitan. Gejala yang dirasakan penderita radang usus adalah perut terasa kembung, sembelit selama beberapa hari atau mencret. Penderita yang sudah lama dapat mengalami demam, dehidrasi dan kekurangan gizi.

Untuk mengatasi penyakit di atas, hal-hal yang dapat dilakukan adalah (Prof.H.M.Hembing Wijayakusuma):
1. Tidak membiarkan lambung dalam keadaan kosong, sebaiknya makan sedikit-sedikit tapi sering
2. Besikap tenang dalam menghadapi setiap masalah.
3. Olahraga secara teratur
4. Mengindari makanan yang pedas dan asam
5. Menghindari alkohol, rokok, dan kopi

Penyembuhan dengan tanaman berkhasiat obat (Prof.H.M.Hembing Wijayakusuma):
a. 10 gr kulit jeruk mandarin. Tambahkan 600 cc madu. Rebus bersama 400 cc air. Minum secara teratur, setiap kali minum satu gelas.
b. Tempe kacang kedelai secukupnya. Masak sesuai selera. Makan secara teratur.

sumber:klipingku.com